5 (Lima) Lembaga Yang Mengupayakan Jaminan Keadilan Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara

Menurut Miriam Budiardjo, ada lima lembaga yang diperlukan untuk mengupayakan adanya jaminan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kelima lembaga tersebut adalah sebagai berikut:

a.   Pemerintahan yang terbuka dan bertanggungjawab.
b.   Dewan perwakilan rakyat yang mewakili golongan-golongan kepentingankepentingan dalam masyarakat, yang dipilih melalui pemilihan umum yang bebas dan rahasia. Dewan ini mengadakan pengawasan, oposisi konstruktif, serta pengawasan terhadap kebijakan pemerintah secara kontinu.
c.   Organisasi politik yang mencakup satu atau lebih partai politik. Partai-partai menyelenggarakan hubungan yang kontinu antara masyarakat pada umumnya dan pemimpin-pemimpinnya.
d.   Pers dan media massa yang bebas untuk menyatakan pendapat.
e.   Sistem peradilan yang bebas untuk menjamin hak-hak asasi dan mempertahankan keadilan.

Kinerja kelima lembaga tersebut perlu dipantau dan dikontrol oleh masyarakat. Hal ini diperlukan agar kelima lembaga tersebut benar-benar memiliki komitmen untuk menegakkan keadilan. Prinsip keterbukaan dan keadilan dalam berbangsa dan bernegara telah menjadi idaman setiap manusia di dunia sejak lama. Rakyat Indonesia, terutama di kalangan rakyat bawah, juga tak luput memimpikan bahwa suatu saat nanti bangsa Indonesia akan mampu menjadi bangsa yang terbuka dan adil di segala bidang.

Presiden Pilihan Saya. Saya memiliki kriteria presiden yang bisa mengubah dan melepaskan Indonesia dari keruwetan persoalannya.

1.   Bisa mengubah mental bangsa terjajah, koruptif, lemah, menjadi bangsa yang bekerja keras, jujur, malu jika korupsi dan meminta bantuan bangsa lain.
2.   Mengubah paradigma laut dari pemisah menjadi pemersatu. Mengubah visi Indonesiadari berpusat pada daratan menjadi maritim.
3.   Penataan lingkungan. Indonesia banyak sungai. Mengubah budaya membuat rumah membelakangi sungai dengan menghadap ke sungai. Sebab sungai bukan tempat buang hajat.
4.   Memindahkan pusat pemerintahan dan industri. Ibukota pindah atau industri yang pindah.
5.   Mengembangkan politik luar negeri yang mandiri dan terhormat. 

0 Response to "5 (Lima) Lembaga Yang Mengupayakan Jaminan Keadilan Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara"

Poskan Komentar