Demokratisasi Menuju Masyarakat Madani (Civil Society)

Demokratisasi yang dijalankan di suatu negara bertujuan untuk membentuk suatu negara yang demokratis. Namun demikian, negara yang demokratis tersebut tidak hanya lembaga-lembaga negaranya dibentuk dan berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi semata, tetapi masyarakat di negara tersebut hendaknya juga demokratis.

Oleh karena itu, meskipun pemerintahan suatu negara dijalankan menurut prinsip demokrasi tetapi apabila masyarakatnya belum demokratis, maka demokrasi negara tersebut akan sulit diwujudkan.

Demokrasi akan kuat dan kokoh apabila didukung oleh masyarakat demokratis yang memiliki kebebasan dan sekaligus tanggung jawab bagi kelangsungan bangsa dan negara. Masyarakat demokratis tersebut kemudian diistilahkan dengan civil society atau masyarakat madani.

Masyarakat madani sendiri lebih populer di Indonesia untuk menerjemahkan istilah civil society. Istilah tersebut juga merupakan padanan lain yang sering digunakan untuk masyarakat warga, masyarakat beradab, masyarakat kota, masyarakat sipil dan masyarakat berbudaya. Secara sosiologis, jika merujuk pada istilah society, dalam bahasa Indonesia berarti masyarakat.

0 Response to "Demokratisasi Menuju Masyarakat Madani (Civil Society)"

Poskan Komentar