Faktro Penyebab Terjadinya Sengketa Internasional

Edukasippkn.com - Sengketa internasional (international dispute) adalah perselisihan yang terjadi antara negara dengan negara, negara dengan individu-individu, atau negara dengan badan-badan/lembaga yang menjadi subjek hukum internasional.

Beberapa penyebab sengketa internasional itu antara lain sebagai berikut:

a.   Salah satu pihak tidak memenuhi kewajiban dalam perjanjian internasional.
b.   Perbedaan penafsiran mengenai isi perjanjian internasional.
c.   Perebutan sumber-sumber ekonomi.
d.   Perebutan pengaruh ekonomi, politik, ataupun keamanan regional dan internasional.
e.   Adanya intervensi terhadap kedaulatan negara lain.
f.    Adanya penghinaan terhadap harga diri suatu bangsa.

Sengketa internasional dapat berujung pada perang ataupun bukan perang. Suatu sengketa internasional dapat digolongkan menjadi perang atau bukan perang didasarkan pada luas atau dalamnya sengketa itu sendiri, niat para pihak yang bersengketa, dan sikap serta reaksi pihak-pihak yang tidak bersengketa.

Apabila ada tindakan-tindakan kekuatan yang dilokalisir atau bersifat terbatas, maka hal tersebut mengindikasikan bukan perang. Jika hanya menyangkut dua negara yang bersengketa, dapat dianggap tidak bersifat perang karena tidak melibatkan negara lain. Namun, apabila pihak yang bersengketa menjadi makin meluas, dalam arti menyangkut hak dan kepentingan beberapa negara yang diabaikan, maka dapat dianggap adanya perang.

Timbulnya sengketa internasional memerlukan cara penyelesaian. Penyelesaian sengketa internasional dengan cara yang seadil-adilnya, bagi para pihak merupakan dambaan masyarakat internasional. Untuk itu, Konvensi The Hague 1899 dan 1907 tentang Penyelesaian secara Damai Sengketa-sengketa Internasional dan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, memberikan acuan cara-cara penyelesaian sengketa internasional.

0 Response to "Faktro Penyebab Terjadinya Sengketa Internasional"

Poskan Komentar