Fungsi Ideologi Bagi Bangsa / Negara

Edukasippkn.com - Ideologi berkaitan dengan persoalan-persoalan yang paling hakiki dan menentukan eksistensi manusia dalam suatu masyarakat tertentu. Ideologi politik dipandang tidak sekadar rangkaian ide-ide yang saling berkaitan satu sama lain. 

Lebih dari itu ideologi dianggap sebagai suatu sarana untuk menciptakan kondisi tertentu yang bisa membantu keberhasilan dalam percaturan politik. Keberhasilan atau kegagalan sesuatu gerakan ideologis, sebagian besar sangat tergantung pada seberapa jauh massa bisa menerima ideologi tersebut.

Dengan kata lain, sangat tergantung pada seberapa jauh gerakan yang bersangkutan bisa melakukan sosialisasi politik menurut kadar yang diharapkan.

Ideologi politik berfungsi untuk memperluas kekuasaan dengan mengembangkan satu teori yang dipakai untuk menjelaskan kejadian-kejadian politik dengan cara-cara yang sederhana dan mudah dimengerti masyarakat. Ada berbagai macam ideologi politik, seperti ideologi konservatif, radikalisme, liberalisme, dan fasisme.

Berkampanye Partisipasi politik warga negara Indonesia sangat banyak bentuknya. Salah satu contohnya adalah berkampanye. Kampanye pada umumnya dilakukan dengan slogan, pembicaraan, barang cetakan, penyiaran barang rekaman berbentuk gambar atau dengan simbol.

Pelaksanaan kampanye bertujuan untuk menarik perhatian rakyat dalam upaya pembuatan kebijakan publik. Selain itu, kampanye bertujuan untuk mengubah dan menggiring opini terkait suatu misi sehingga satu kumpulan atau individu dapat mengambil keputusan sesuai dengan yang diinginkan oleh sponsor.


0 Response to "Fungsi Ideologi Bagi Bangsa / Negara"

Poskan Komentar