Manfaat Kerja Sama Internasional bagi Indonesia

Edukasippkn.com - Manfaat kerja sama internasional bagi Indonesia antara lain sebagai berikut:

a.   Masalah politik dan keamanan Indonesia dapat diselesaikan dalam Lembaga Internasional. Misalnya, saat Agresi Militer Belanda tanggal 21 Juli 1947, wakil-wakil India dan Australia mengajukan usul agar masalah Indonesia dibicarakan dalam Dewan Keamanan PBB. Berdasarkan usul tersebut kemudian PBB sebagai perantara antara Indonesia-Belanda membentuk Komisi Tiga Negara (KTN). Dengan dibentuknya KTN, akhirnya Indonesia – Belanda melakukan perundingan di kapal Amerika yaitu kapal Renville.

b.   Melalui kerja sama internasional (PBB), lembaga internasional tersebut dapat berperan sebagai pihak penengah dan sebagai pihak yang menghentikan perselisihan antarnegara. Misalnya, pada Agresi Militer Belanda yang kedua, PBB mengeluarkan resolusi agar Indonesia – Belanda:

1)   menghentikan saling menyerang;
2)   membebaskan segala tawanan;
3)   berunding lagi atas dasar persetujuan Linggarjati dan Renville;
4)   pemerintah RI dikembalikan ke Yogyakarta.

Selain itu Dewan Keamanan PBB juga membantu mengadakan perdamaian secepat-cepatnya, yaitu menetapkan tanggal, waktu, serta syarat untuk mengadakan KMB (Konferensi Meja Bundar).

b.   Masalah wilayah pemerintahan Indonesia dapat diselesaikan dengan adanya PBB. Misalnya, Irian Barat dikembalikan kepada Indonesia dari tangan Belanda pada tahun 1962.

c.   Dengan adanya kerja sama internasional (PBB) dapat melahirkan dokumendokumen yang bermanfaat bagi kehidupan kenegaraan Indonesia terutama dalam penegakan HAM, misalnya:

1)   Universal Declaration of Human Right, 10 Desember 1948;
2)   Kovenan Internasional tentang Hak-hak Ekonomi, Sosial dan Kultural, tahun 1966;
3)   Kovenan Internasional tentang Hak-hak Sipil dan politik, tahun 1966.

d.   Dengan kerja sama internasional yang terwujud dalam organisasi internasional di bawah PBB, masalah politik, sosial, budaya, ekonomi, maupun hukum dapat terselesaikan, antara lain dengan lahirnya organisasi seperti berikut:

1)   OPEC (Organization of Petroleum Exporting Country)
2)   CGI (Consultative Group of Indonesia)
3)   GNB (Gerakan Non Blok)
4)   NATO (North Atlantic Treaty Organitation)
5)   OIC (Organization of the Islamic Conference)

0 Response to "Manfaat Kerja Sama Internasional bagi Indonesia"

Poskan Komentar