Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli / Pakar Kenegaraan Dunia dan Kesimpulannya

Edukasippkn.com - Secara umum bangsa itu merupakan kumpulan dari masyarakat yang membentuk negara.

Dalam arti sosiologis bangsa termasuk "kelompok paguyuban" yang secara kodrat ditakdirkan untuk hidup bersama dan senasib sepenanggungan di dalam suatu negara. Misalnya Negara Republik Indonesia ditakdirkan terdiri atas berbagai suku bangsa.

Dalam Ilmu Tata Negara terdapat berbagai pengertian mengenai istilah bangsa. Mengenai pengertian bangsa berikut ini oleh Budiyanto (1997), dikemukakan pendapat beberapa pakar kenegaraan yang ternama seperti:

1. Ernest Renan (Prancis)

Bangsa terbentuk karena adanya keinginan untuk hidup bersama (hasrat bersatu) dengan perasaan setia kawan yang agung.

2. Otto Bauer (Jerman)

Bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai persamaan karakter. Karakteristik tumbuh karena adanya persamaan nasib.

3. F. Ratzel (Jerman)

Bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat itu timbul karena adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya (paham geopolitik).

4. Hans Kohn (Jerman)

Bangsa adalah buah hasil hidup manusia dalam sejarah. Suatu bangsa merupakan golongan yang beranekaragam dan tidak bisa dirumuskan secara eksak. Kebanyakan bangsa memiliki faktor-faktor objektif tertentu yang membedakannya dengan bangsa lain. Faktor-faktor itu berupa persamaan keturunan, wilayah, bahasa, adat istiadat, kesamaan politik, perasaan, dan agama.

Berdasarkan pendapat tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya bangsa adalah rakyat yang telah mempunyai kesatuan tekad untuk membangun masa depan bersama

0 Response to "Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli / Pakar Kenegaraan Dunia dan Kesimpulannya"

Poskan Komentar