Pengertian Interaksi Sosial

Edukasippkn.com – Interaksi adalah hubungan timbal balik anatara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan peran secara aktif. Dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak- pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi.

Seseorang yang tidak mengalami sosialisasi tidak akan dapat berinteraksi dengan orang lain secara normal. Dengan kata lain, tanpa sosialisasi seseorang akan menjadi terasing dan tidak dapat bergaul dengan orang lain. Interaksi sosial merupakan proses sosial yang selalu terjadi dalam masyarakat sebagai bagian dari aktivitas kehidupannya.

Sebagai proses sosial, interaksi sosial terjadi karena adanya kontak sosial dan komunikasi. Salah satu alasan yang mendorong manusia melakukan interaksi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sebagai dasar dari proses sosial, interaksi sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial. Tanpa adanya interaksi, maka tidak akan ada kehidupan bersama dalam masyarakat. Interaksi sosial yang kita lakukan setiap hari dengan orangorang yang ada di sekitar kita, seperti teman, keluarga, atau tetangga merupakan intisari dari kehidupan bersama dalam suatu masyarakat.

Interaksi itu dilakukan umumnya berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidup manusia yang sangat kompleks yang tidak mungkin mampu dipenuhi seorang diri tanpa melakukan hubungan dengan orang lain.

0 Response to "Pengertian Interaksi Sosial"

Poskan Komentar