Pengertian Sosialisasi dan Alasan Mengapa Manusia Perlu Bersosialisasi

Edukasippkn.com - Secara sederhana, sosialisasi diartikan sebagai proses sosial. Sosialisasi adalah proses sosial yang terjadi pada seseorang untuk mempelajari dan menyesuaikan diri terhadap norma, nilai, perilaku, adat istiadat, dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan agar dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.

Apabila kita memerhatikan konsep sosialisasi tersebut, maka dapat dikatakan bahwa sosialisasi merupakan proses yang aktif, dalam arti bahwa sosialisasi berperan bagi individu untuk dapat bergabung dengan kelompoknya. Dalam sosialisasi terdapat tiga kegiatan utama yang semuanya saling berhubungan yaitu belajar, penyesuaian diri, dan pengalaman psikologis.

Sosialisasi dimulai sejak seorang bayi dilahirkan dan berlangsung seumur hidup. Sosialisasi tidak hanya berlangsung pada masa kanak-kanak saja, yaitu di dalam keluarga, tetapi juga berlangsung di kelompok teman permainan, sekolah, tempat kerja, lingkungan sekitar tempat tinggal, dan lingkungan negara bahkan antarnegara.

Apabila seseorang tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi, baik perubahan lingkungan sosial atau fisik, maka ia akan tertinggal. Oleh karena itu, sosialisasi dalam menghadapi perubahan senantiasa terus dilakukan.

Mengapa manusia perlu bersosialisasi? Ada beberapa alasan yang bisa kita kemukakan sebagai jawabannya, yaitu sebagai berikut:

a.   Manusia tidak dapat hidup sendiri dalam kehidupannya.
b.   Manusia memiliki perbedaan baik dalam sifat, budaya, dan adat istiadat.
c.   Dengan mempelajari nilai, norma, dan peran; seseorang akan dapat hidup dengan baik dalam lingkungannya atau masyarakat tempat tinggalnya.

0 Response to "Pengertian Sosialisasi dan Alasan Mengapa Manusia Perlu Bersosialisasi"

Poskan Komentar