Penjelasan / Pengertian Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Edukasippkn.com - Ketika manusia dilahirkan ke dunia ini, keadaannya bagaikan kertas putih yang kosong tidak bernoda. Seiring dengan pertumbuhannya sebagai manusia, ia mulai belajar banyak hal. Berbicara, membaca, berhitung, menghargai orang lain, dan berbagai hal lain yang dapat dipelajari di sekolah atau tempat-tempat lainnya. Semua hal tersebut dapat dilakukan oleh manusia karena memiliki akal dan pikiran. Itulah yang membedakan manusia dengan binatang.

Binatang sejak kelahirannya ke dunia sudah dilatih untuk melakukan semua aktivitas hidupnya dengan sendiri, tetapi bukan berarti campur tangan dari induknya tidak ada. Berbeda dengan manusia, sejak kelahirannya ia tidak berdaya apabila tidak dibantu oleh orang lain.

Dengan berbagai keterbatasan yang dimilikinya, manusia mengembangkan bermacam-macam cara, metode, dan pengetahuan untuk hidup sesuai dengan tingkatan usia dan pendidikan yang dimiliki.

Perbedaan jenis pendidikan yang dimiliki oleh manusia menyebabkan timbulnya perbedaan budaya dan adat istiadat. Sebagai akibat dari perbedaan tersebut, timbul variasi dalam berbagai sistem kehidupan bermasyarakat. Misalnya sistem kekerabatan, sistem perkawinan, sistem ekonomi, dan sistem-sistem kehidupan masyarakat lainnya.

Keseluruhannya dapat dipelajari oleh manusia dalam suatu sistem sosial, karena pada hakikatnya manusia memiliki naluri untuk berkawan (social animal). Proses pembelajaran ini dapat dilakukan melalui sosialisasi (socialization).

0 Response to "Penjelasan / Pengertian Manusia Sebagai Makhluk Sosial"

Poskan Komentar