Prinsip-Prinsip Good Governance Menurut MTI (Masyarakat Transparansi Indonesia)

Adapun MTI (Masyarakat Transparansi Indonesia) memiliki pandangan yang sedikit berbeda dengan Prinsip-prinsip Pemerintahan Yang Baik Menurut UNDP (United Nations Development Program).

Menurut MTI, ada sembilan hal yang terdapat dalam prinsip-prinsip good governance, yaitu sebagai berikut:

a. Partisipasi masyarakat

Semua warga masyarakat memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan, baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui lembagalembaga perwakilan yang sah).

b. Tegaknya supremasi hukum

Segala hukum, termasuk hukum HAM, harus bersikap adil dan berlaku sama terhadap setiap orang atau warga negara.

c. Keterbukaan

Seluruh informasi, baik pemerintahan maupun nonpemerintahan serta informasi lan, harus dapat diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan informasi yang tersedia harus memadai agar dapat dimengerti dan dipantau.

d. Peduli pada stokeholder

Pelayanan semua pihak yang berkepentingan harus dilakukan tanpa diskriminasi atau perbedaan proses birokrasi.

e. Berorientasi pada konsensus

Berusaha seoptimal mungkin menjembatani kepentingan-kepentingan yang berbeda demi terbangunnya konsensus yang disepakati bersama.

f. Kesetaraan

Semua warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk memperbaiki atau mempertahankan kesejahteraan sewajarnya (inklusivitas).

g. Efektivitas dan efisiensi

Proses-proses pemerintahan dan lembaga-lembaga mampu mengorganisasikan dan menggunakan sumber-sumber daya yang ada seoptimal mungkin.

h. Akuntabilitas

Para pengambil keputusan, baik di pemerintahan, swasta, ataupun organisasi-organisasi di masyarakat, bertanggungjawab kepada masyarakat maupun lembaga-lembaga yang berkepentingan.

i. Visi strategis

Para pemimpin dan masyarakat memiliki perspektif yang luas dan jauh ke depan mengenai tata pemerintahan yang baik dan pembangunan manusia, kepekaan terhadap apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan perkembangan perspektif tersebut, memahami atas kompleksitas kesejahteraan, budaya, dan sosial.

0 Response to "Prinsip-Prinsip Good Governance Menurut MTI (Masyarakat Transparansi Indonesia)"

Poskan Komentar