Proses Terbentuknya Relief Bumi / Permukaan Bumi

Edukasippkn.com - Relief muka bumi mengalami perubahan, bahkan hingga saat ini. Perubahan muka bumi oleh tenaga geologi yang berupa tenaga endogen dan eksogen sehingga menghasilkan bentuk gunung, lembah, dataran, cekungan, bahkan relief dasar laut. Keadaan relief bumi ini mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di atasnya, termasuk manusia.

Kehidupan manusia berkembang seiring perkembangan zaman. Untuk sampai pada tahap perkembangan pengetahuan modern saat ini, manusia melewati berbagai tahap. Sebelum mengenal baca-tulis, manusia melewati zaman belum dikenalnya baca-tulis yang disebut masa pra-aksara. Dalam bab ini kita akan mempelajari lingkungan kehidupan manusia beserta kehidupannya yang meliputi keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukannya dan dampaknya terhadap kehidupan, serta kehidupan manusia.pada masa pra-aksara di Indonesia.

Bumi memiliki berbagai kenampakan alam berupa bukit, gunung, pegunungan, patahan, lipatan, danau, dan kenampakan alam lainnya. Adanya bermacam-macam kenampakan alam tersebut menyebabkan permukaan bumi menjadi tidak rata. Bentuk bumi yang tidak rata ini, kemudian dikenal dengan istilah relief bumi.

Keadaan relief bumi memengaruhi kehidupan manusia yang mendiaminya. Kehidupan manusia pada zaman dulu dapat diketahui dari berbagai sumber seperti peninggalan tulisan, artefak, serta fosil-fosil yang ditemukan. Oleh karena itu, kita dapat memperkirakan keadaan manusia pada zaman pra-aksara di Indonesia. Kehidupan manusia pada masa pra-aksara sangat tergantung pada alam, termasuk relief muka bumi.

Relief bumi terbentuk karena adanya proses alamiah yang berlangsung selama berjuta-juta tahun. Peristiwa alamiah tersebut digerakkan oleh suatu tenaga geologi, yakni tenaga alamiah yang berasal dari dalam maupun luar bumi. Tenaga-tenaga yang berasal dari dalam bumi dan bersifat membentuk permukaan bumi dikenal sebagai tenaga endogen. Adapun tenaga-tenaga yang berasal dari luar bumi dan bersifat mengubah atau merusak permukaan bumi disebut tenaga eksogen.

0 Response to "Proses Terbentuknya Relief Bumi / Permukaan Bumi"

Poskan Komentar