Tahap Perkembangan Bakat, Minat dan Kreativitas

Edukasippkn.com - Bakat adalah potensi yang dibawa semenjak lahir oleh setiap individu, yang dapat dikembangkan melalui pendidikan dan latihan.

Potensi ini dapat diwujudkan menjadi suatu prestasi apabila mendapat kesempatan pendidikan dan latihan sesuai dengan bidangnya. Kreativitas adalah kemampuan cipta, karsa dan karya seseorang untuk dapat menciptakan sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru itu dapat ditemukan dengan menghubungkan atau menggabungkan sesuatu yang sudah ada. Minat adalah kecenderungan dan fokus perhatian seseorang terhadap sesuatu hal atau merupakan aktivitas tertentu.

Kreativitas adalah bakat yang dimiliki oleh setiap orang yang dapat dikembangkan dengan pelatihan dan aplikasi yang tepat. Banyak studi telah dilakukan tentang perilaku kreatif dari para musisi, ilmuwan besar, arsitek, pujangga, dan pelukis. Hasilnya adalah bahwa proses kreativitasnya sama, baik kreativitas itu terpusat pada pemecahan masalah seharihari, atau penemuan ilmiah tingkat tinggi.

Untuk beberapa tahun, proses kreativitas dapat digambarkan dalam empat tingkatan, yaitu fase persiapan, inkubasi (pengeraman), wawasan, dan pengesahan.

Proses kreativitas individu dapat  diuraikan  sebagai berikut: pada tingkat persiapan, usaha dibuat untuk memahami dan mengerti tentang kebutuhan personal. Selanjutnya pada tahap inkubasi atau pengeraman. Kemudian pada tingkat wawasan, yang membawa individu pada  pengertian baru.

Akhirnya, tingkat  penemuan yang  menyadarkan individu tentang ide kreatifpengesahan atau tingkat implementasi. Pandangan  yang  keliru  adalah  menganggap kreativitas  sebagai  proses mental yang hanya  dilakukan oleh orang tertentu saja seperti  pelukis,  yang  menghasilkan produk baru di bidang seni.

0 Response to "Tahap Perkembangan Bakat, Minat dan Kreativitas"

Poskan Komentar