Cara Membuat Siswa Kreatif

Edukasippkn.com - Belajar kreatif dapat berlangsung secara lebih lancar dalam suatu iklim yang menunjang pendayagunaan kreativitas. Untuk mendorong berpikir kreatif, perlu diusahakan suatu suasana terbuka terhadap gagasan-gagasan baru.

Lingkungan siswa perlu diusahakan agar ikut membantu menghilangkan hambatan-hambatan untuk berpikir kreatif. Dalam iklim yang kreatif ini terdapat siswa dan guru, anak dan orang tua saling menerima dan saling menghargai. Dukungan dan sikap positif dari guru, orang tua, pendidik, dan pengasuh, akan menimbulkan dorongan dalam diri anak untuk ungkapan kreatif.

Berikut ini dikemukakan beberapa saran untuk menciptakan iklim dan suasana yang mendorong dan menunjang pemikiran kreatif (Semiawan, 1990):

a.   Bersikaplah terbuka terhadap minat dan gagasan anak atau siswa.

b.   Berilah waktu kepada anak/siswa untuk memikirkan dan mengembangkan gagasan kreatif. Kreativitas tidak selalu timbul secara langsung dan spontan.

c.   Ciptakanlah suasana saling menghargai dan saling menerima antar anak atau siswa, antara anak dengan orang tua, dan antara siswa dengan guru atau pengasuh; sehingga anak atau siswa dapat bekerja sama, mengembangkan dan belajar secara bersama maupun secara mandiri.

d.   Kreativitas dapat diterapkan dalam semua bidang kurikulum dan bidang ilmu. Kreativitas bukanlah monopoli bidang seni.

e.   Doronglah kegiatan berpikir divergen dan jadilah nara sumber dan pengarah.

f.  Suasana yang hangat dan mendukung memberi keamanana dan kebebasan untuk berpikir menyelidiki (eksploratif).

g.   Berilah kesempatan kepada anak atau siswa untuk berperan serta dalam mengambil keputusan.

h.   Usahakanlah agar semua anak atau siswa terlibat dan dukunglah gagasan dan pemecahan anak atau siswa terhadap masalah dan rencana (proyek). Mendukung tidak sama dengan menyetujui. Mengusahakan berarti menerima, menghargai, dan apabila masih belum tepat usahakan ketepatan pemecahan secara bersama.

i.  Bersikaplah positif terhadap kegagalan, dan bantulah anak atau siswa untuk menyadari kesalahan atau kelemahan serta usahakan peningkatan gagasan atau usahanya agar memenuhi syarat, dalam suasana yang menunjang atau mendukung.

0 Response to "Cara Membuat Siswa Kreatif"

Poskan Komentar