Cara Menentukan Rencana Prioritas dalam Membuat RKS

Edukasippkn.com - Penentuan  prioritas  harus  dilakukan  melalui diskusi bersama stakeholder  pendidikan di sekolah dan  bukan  oleh  Kepala  Sekolah  ataupun  oleh Komite Sekolah saja. 

Penentuan prioritas ini harus berdasarkan  atas  kriteria-kriteria  yang  disetujui bersama, meliputi:

a) Kepentingannya:

Relevansinya  terhadap  misi,  visi,  dan tujuan strategis sekolah serta entingnya pengembangan sekolah dalam kaitannya dengan semua faktor konteks.

b) Keterlaksanaan (visibilitas):

Kemampuan  sekolah  yang  ada  sekarang untuk memberikan dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi, waktu dan dana untuk mewujudkannya.

c) Akseptabilitas :

Komitmen  sekolah  saat  sekarang  untuk mewujudkannya.

Secara  umum  pemilihan  prioritas  ditentukan oleh pentingnya  satu  kegiatan  dan  dampaknya  bagi peningkatan  mutu  dan  kinerja;  urgensinya , ketersediaan SDM dan pelaksananya dan tersedianya waktu serta sumber daya dan dana pendukungnya.

RKS sebaiknya dibuat bersama secara partisipatif  antara pihak sekolah (KS dan guru), bersama dengan stakeholder (pihak yang berkepentingan lainnya), misalnya:  Komite  sekolah,  tokoh  masyarakat, dan pihak lain yang peduli pendidikan di sekitar sekolah.

Dengan melibatkan mereka, sekolah telah menunjukkan sikap terbuka dan siap bekerjasama. Hal tersebut akan meningkatkan rasa memiliki,serta dapat mengundang simpati sehingga masyarakat akan merasa senang memberikan dukungan atau bantuan yang diperlukan sekolah.

0 Response to "Cara Menentukan Rencana Prioritas dalam Membuat RKS"

Poskan Komentar