Logo dan Tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2015

Edukasippkn.com - Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia".

Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

Berdasarkan Buku Pedoman HSP 2015 yang diterbitkan Kementerian Pemuda dan Olahraga, tema dan logo peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2015 selengkapnya adalah sebagai berikut :

Tema : REVOLUSI MENTAL UNTUK KEBANGKITAN PEMUDA MENUJU AKSI “SATU UNTUK BUMI”

Makna Logo Hari Sumpah Pemuda :
1.   Elemen utama logo adalah bumi yang ditopang oleh 3 tangan. Gambar globe menjadi fokus logo sebagai representasi tema utama HSP 2015: “Satu untuk Bumi

2.   Sepasang tangan menopang dan satu tangan mengepal (3 tangan) adalah representasi 3 semangat sumpah pemuda: nusa, bangsa, bahasa. Tangan menopang bumi adalah simbol dalam menjagakeberlanjutan gerakan penyelamatan bumi. Tangan terkepal adalah simbol semangat pemuda.

3.   Elemen tipografi HSP menggunakan variasi pola font 70th Indonesia Merdeka 2015. Warna font hijau adalah simbol alam, bumi, semangat, dan perdamaian sebagai tema HSP 2015.Sedangkan tipografi “Selamatkan bumi-hari sumpah pemuda 2015” adalah identitas kegiatan sekaligus penegasan tema.

4.   Elemen api merah putih adalah simbol semangat dan kekuatan pemuda Indonesia.

Download / unduh Buku Pedoman HSP dan Logo HSP Tahun 2015 silahkan klik pada tautan berikut iniDemikian Tema dan Makna Logo Hari Sumpah Pemuda tahun 2015. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Logo dan Tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2015"

Poskan Komentar