Ciri-Ciri Guru Profesional

Edukasippkn.com - Selain memiliki sertifikat pendidik sebagai bukti yang sah bahwasannya guru dapat dikatakan profesional dengan adanya sertifikat guru yang ia miliki, guru juga dituntut memiliki profesionalisme yang tinggi sehingga dapat disebut dengan guru efektif.

Guru efektif (effective teacher) mempunyai seperangkat karakter dan ciri tertentu untuk menggambarkan guru propesional, guru professional dituntut untuk memiliki  kompetensi sebagai berikut :

1.  Guru mempunyai komitmen pada siswa dalam memproses belajarnya. Ini berarti komitmen tertinggi guru adalah pada kepentingan siswa.

2.  Guru menguasai secara mendalam bahan atau materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada para peserta didik. Bagi guru hal ini merupakan dua hal yang tidak dapat di pisahkan.

3.  Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar sisiwa melalui berbagai teknik efaluasi mulai pengamatan sampai teshasil belajar.

4. Guru mampu berpikir yang sistematis tentang apa yang dilakukannya dan belajar dari pengalamannya.

5.   Guru seyokyanya adalah bagian dari masyarakat belajar dalam lingkungan profesinya.

Apabila guru memiliki kelima kompetensi tersebut maka guru tersebut dapat dikatakan sebagai guru yang telah menjalankan tugasnya secara professional terutama berkaitan dengan tenaga fungsional.

Dengan lima karakter tersebut maka memiliki harapan yang tinggi dalam meningkatkan mutu dan hasil belajar siiwa. Dan harapan yang tinggi ini dapat dilihat dari semangat dan kinerja dalam menjalankan tugasnya.

Ada beberapa hal yang seharusnya selalu menjadi cerminan para guru, yaitu senantiasa untuk tidak lupa memberikan pendidikan, bukan hanya sekedar memberikan pengajaran. 

Seringkali masalah mendidik kadang terlupakan oleh sebagian guru, karena mayoritas yang tercermin saat kegiatan belajar mengajar guru hanya mengajar dan terpaku pada materi kurikulum. Demikian beberapa ciri-ciri dari guru yang profesional. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ciri-Ciri Guru Profesional"

Poskan Komentar