Produk / Hasil Proses Akomodasi

Proses akomodasi menghasilkan beberapa hal terkait dengan manusia dengan manusia yang lain, antara lain:

a) Integrasi Masyarakat

Akomodasi menghindarkan masyarakat dari benih-benih pertentangan latent yang kemungkinan besar akan melahirkan pertentangan baru. Contoh: ketika orang-orang Inggris menjajah Singapura dan Malaysia, mereka telah memasukan suatu kebudayaan baru terhadap masyarakat taklukannya. Bahasa, sistem feodalisme, hukum, dan seterusnya diubah dan diganti. Dalam proses tersebut terjadi perkawinan campuran dan banyak orang Malaysia yang mendapat kedudukan baru yang tinggi. Keadaan tersebut mengurangi jarak sosial (social distance) antara penjajah dengan yang dijajah. Selain itu, akomodasi juga menahan keinginan-keinginan untuk bersaing.

b) Menekan oposisi

Sering kali suatu persaingan terjadi demi keuntungan suatu kelompok tertentu (misalnya golongan produsen) dan kerugian pihak lain (misalnya konsumen). Akomodasi antara golongan produsen yang mula-mula bersaing dapat menyebabkan turunnya harga, karena barang-barang dan jasa-jasa lebih mudah sampai kepada konsumen.

c) Koordinasi berbagai kepribadian yang berbeda

Kondisi tampak bilamana ada dua orang, misalnya, bersaing untuk menduduki jabatan pimpinan suatu partai politik. Persaingan terjadi dengan sengit, tetapi setelah salah satu terpilih, biasanya yang kalah diajak untuk bekerjasama demi keutuhan dan integrasi partai politik tersebut.

d) Perubahan lembaga-lembaga kemasyarakatan agar sesuai dengan keadaan baru atau keadaan yang berubah

Perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat di berbagai bidang menuntut terjadinya perubahan kelembagaan pada masyarakat tersebut, baik terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Perubahan ini merupakan konsekuensi untuk menyesuaikan dengan laju perkembangan masyarakat.

e) Perubahan-perubahan dalam kedudukan

Pertentangan telah menyebabkan kedudukan individu dalam organisasi menjadi goyah dan akomodasi akan mengukuhkan kembali kedudukan, karena akomodasi menimbulkan penetapan baru terhadap kedudukan orang-perorangan dan kelompok.

f) Akomodasi membuka jalan ke arah asimilasi

Dengan adanya proses asimilasi, para pihak lebih saling mengenal dan dengan timbulnya benih-benih toleransi mereka lebih mudah untuk saling mendekati. 

0 Response to "Produk / Hasil Proses Akomodasi "

Poskan Komentar