Download KUHAP / Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana

Edukasippkn.com - Hukum acara pidana disebut juga hukum pidana formal adalah hukum yang mengatur tentang cara bagaimana kelangsungan atau menyelenggarakan Hukum Pidana Material, sehingga memperoleh keputusan Hakim dan cara bagaimana isi keputusan itu harus dilaksanakan.

Penyelenggaraannya berdasarkan undang-undang no. 8 tahun 1981, tentang hukum acara pidana. Ketentuan-ketentuan hukum acara pidana itu di tulis secara sistematik dan teratur dalam sebuah kitab undang-undang hukum, berarti di kondisifikasikan dalam kitab undang-undang hukum acara pidana (KUHAP).

KUHAP itu diundangkan berlakunya sejak tanggal 31 Desember 1981 melalui lembaran Negara Republik Indonesia no. 76, tambahan lembaran Negara no. 3209. tujuan pengkodifikasian hukum secara pidana itu terutama sebagai pengganti Reglemen Indonesia Baru (RIB), tentang acara pidana yang sangat tidak sesuai lagi dengan kebutuhan masyarakat dengan sasaran memberikan perlindungan hak-hak asasi manusia.

Sedangkan fungsinya menyelesaikan masalah dalam mempertahankan kepentingan umum. Ketentuan-ketentuan KUHAP yang terdiri dari 286 pasal itu,  menurut pasal 2 nya menyatakan bahwa KUHAP belaku untuk melaksanakan tata cara peradilan dalam lingkungan peradilan umum. Maksudnya ruang lingkup berlakunya KUHAP ini mengikuti asas-asas hukum  pidana dan yang berwenang mengadili tindak pidana berdasarkan KUHAP hanya peradilan umum, kecuali di tetukan lain oleh undang-undang itu.

Download selengkapnya Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) selengkapnya silahkan klik pada tautan berikut ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Download KUHAP / Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana"

Poskan Komentar