Panduan Cara Verval Data Proses Pembelajaran / Verval PP

Edukasippkn.com - Verifikasi dan validasi data proses pembelajaran adalah suatu proses pemeriksaan kebenaran data agregat yang dihasilkan dari pengolahan data individual dan sekaligus memperbaikinya apabila terjadi kesalahan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan sehingga data menjadi benar (valid).

Mengapa perlu diverval? Hal ini karena untuk mengeliminasi ketidakakuratan data dengan mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) serta Peraturan BAN-SM dalam bentuk indikator, sehingga data menjadi valid (benar).


Data Proses Pembelajaran

Mencakup agregat data dari tiga komponen DAPODIK yaitu :

1. Peserta Didik,
2. Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
3. Satuan pendidikan

Yang dikaitkan dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP), dan Standar Pelayanan Minimal (SPM), serta Peraturan BAN-SM dalam bentuk indikator sebagai acuan.

Verval Data Proses Pembelajaran (Verval PP)

Tujuan Verval :

1.   untuk melakukan verifikasi dan validasi kesesuaian data proses pembelajaran setiap satuan pendidikan per kabupaten/kota berdasarkan standard (SNP dan SPM) yang sudah ditentukan dalam bentuk indikator.
2.   Output dari aplikasi ini menghasilkan informasi tentang gambaran kondisi proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan di Kabupaten/kota, sebagai bahan masukan kebijakan pendidikan dalam rangka pembinaan Satuan Pendidikan.

Cara Verval Data Proses Pembelajaran  (Verval PP)

Untuk melakukan Verval Data Proses Pembelajaran (Verval PP) silahkan kunjungi halaman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/vervalpp/beranda.php. Selengkapnya silahkan unduh informasi lengkap tentang Verval Data Proses Pembelajaran (Verval PP) melalui tautan berikut. Situs ini menyajikan sistem verifikasi validasi data proses pembelajaran pada tingkat entitas satuan pendidikan (meliputi peserta didik. pendidik dan sarana-prasarana) yang mengacu pada SPM (Standard Pelayanan Minimal) dan SNP (Standard Nasional Pendidikan).

Proses verifikasi dan validasi data dilakukan dengan formula/parameter yang berbasis pada indikator pendidikan yang tertuang dalam SPM dan SNP. Pada tahap awal jumlah formula/parameter masih sangat tebatas, dan akan terus dikembangkan. Sistem ini menghasilkan catatan-catatan kesesuaian dan konsistensi terhadap proses belajar mengajar setiap satuan pendidikan dengan standard yang telah ditentukan. Implikasi dari hasil sistem ini adalah sebagai bahan masukan pada penentu kebijakan tentang kondisi proses belajar mengajar pada setiap entitas satuan pendidikan, yang selanjutnya dapat di susun intervensi kebijakan yang tepat.

Demikian informasi mengenai Cara dan Mekanisme Verval Data Proses Pembelajaran, semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Panduan Cara Verval Data Proses Pembelajaran / Verval PP"

Poskan Komentar