Proses dan Metode Pembelajaran PKn Yang Efektif di Perguruan Tinggi Penting

Meskipun reformasi telah bergulir, namun hingga saat ini bangsa dan negara Indonesia masih menghadapi berbagai persoalan yang serius. Di dalam negeri, persoalan rendahnya kepercayaan terhadap pemerintah, lemahnya penegakan hukum, meningkatnya potensi disintegrasi oleh meningkatnya semangat primordialisme, perselisihan ideologi, politik, agama, dekadensi moral, kemiskinan dan pengangguran, serta makin rusaknya lingkungan hidup, semakin mengancam kelanggengan persatuan bangsa Indonesia.

Dari luar negeri berupa tantangan globalisme bagi negara kebangsaan. Mencermati situasi kehidupan kebangsaan yang demikian, bagi dunia pendidikan  tidak ada pilihan lain kecuali melakukan upaya pro-aktif pembinaan nasionalisme untuk  menggugah semangat kebangsaan dan kecintaan pada tanah air para peserta didik  sebagai generasi muda penerus bangsa.

Dengan pembinaan nasionalisme atau  kebangsaan melalui proses dan metode pembelajaran PKn yang efektif diharapkan peserta didik memperoleh wawasan kebangsaan yang luas, sehingga mampu memahami dan menyikapi dinamika persoalan kebangsaan yang terus berkembang, serta menumbuhkan jiwa kemandirian dan rasa kecintaan pada tanah air.

Pendidikan Kewarganegaraan menjadi sangat urgen di tengah situasi kehidupan bangsa dan negara Indonesia saat ini. Untuk memenuhi tuntutan perkembangan jaman, perlu dikembangkan substansi kajian dan model pembelajaran serta sistem evaluasi yang memungkinkan pelaksanaan perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di perguruan tinggi berjalan efektif.

Pendidikan tinggi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti perlu melakukan langkah – langkah strategis, yaitu standarisasi kurikulum, dan pemetaan objek kajian, metode pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berbasis kompetensi. Langkah ini bertujuan memberikan ramburambu atau acuan capaian kompetensi dan substansi kajian pembelajaran PKn serta metode pembelajarannya bagi dosen-dosen PKn perguruan tinggi di seluruh Indonesia..

Program pengembangan keefektifan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ke depan perlu didukung pengembangan electronic learning system. Meskipun penggunaan media ICT dalam PKn hanya sebagai alat bantu saja, tidak dapat menggantikan peran dosen. Di samping itu diperlukan program : (a) rekruitmen dan peningkatan peofesionalisme melalui pelatihan dosen PKn ,misalnya :TOT dan Internship Dosen PKn. 

0 Response to "Proses dan Metode Pembelajaran PKn Yang Efektif di Perguruan Tinggi Penting"

Poskan Komentar