Buku Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Pertama / SMP

Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2015 Tentang Rencana Pembangunan Jangka menengah Nasional 2015-2016 menjelaskan bahwa sasaran pembangunan di bidang pendidikan antara lain adalah meningkatnya jaminan kualitas pelayanan pendidikan, tersedianya kurikulum yang andal, dan tersedianya sistem penilaian yang komprehensif.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan), menyusun Panduan Penilaian salah satu diantaranya adalah Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP).


Panduan ini disusun dengan maksud menyajikan informasi praktis mengenai teknik-teknik penilaian tersebut dilengkapi contohnya dan langkah-langkah pelaksanaan penilaian dan pengolahan nilai. Selain itu dalam panduan ini diuraikan cara mengisi rapor. Sedangkan tujuan panduan ini adalah untuk memfasilitasi guru-guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian secara akuntabel dan komprehensif meliputi penilaian sikap pengetahuan, dan keterampilan serta mengolah dan membuat laporan hasil belajar siswa secara obyektif, akuntabel, dan informatif.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas peranserta berbagai pihak dalam penyusunan panduan ini. Secara khusus saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada tim penyusun semoga kontribusi tersebut merupakan ilmu yang bermanfaat yang akan kekal sepanjang masa.

Panduan ini masih dirasakan belum sempurna, oleh karena itu diperlukan masukan dari berbagai pihak terutama kepala sekolah, wali kelas, guru, dan orangtua siswa untuk penyempurnaan lebih lanjut. (Sambutan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Bpk. Hamid Muhammad, Ph.D).

Download Buku Panduan Penilaian SMP / Sekolah Menengah Pertama selengkapnya dapat diunduh pada tautan berikut ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Buku Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Pertama / SMP"

Poskan Komentar