Download Modul Juknis Pedoman Program Induksi Guru Pemula / PIGP bagi Kepala Sekolah/Madrasah

Edukasippkn.com - Juknis Program Induksi Guru Pemula Kementrian Pendidikan Nasional, melalui Proyek Bermutu Direktorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan sedang mengembangkan Program Induksi dan Penilaian Kinerja bagi Guru Pemula, dan untuk memberikan pemahaman secara umum tentang proses yang terjadi pada saat sekolah menerima guru pemula. 

Oleh karena itu, Direktorat Tenaga Kependidikan telah berupaya menyusun modul.

Modul ini disusun dengan tujuan agar kepala sekolah/madrasah dapat belajar secara mandiri tanpa tergantung atau menunggu mendapat tugas sebagai peserta diklat atau tergantung fasilitator, peneyelenggara, waktu, dan tempat. Dengan tersusunnya modul ini diharapkan kepala sekolah/madrasah dapat belajar secara mandiri di manapun dan kapanpun.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Untuk mendukung hal tersebut saat ini telah diberlakukan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru, yang di antaranya mengatur tentang program induksi bagi guru pemula. 

Sebagai penjabaran teknis dari program induksi maka juga telah diterbitkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2010 tentang Program Induksi bagi Guru Pemula.

Sejalan dengan peraturan di atas Kementerian Pendidikan Nasional, melalui Proyek Bermutu Direktorat Tenaga Kependidikan menyusun dokumen-dokumen pendukung agar program induksi dapat berjalan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Dokumen yang disusun untuk mendukung pelaksanaan program induksi diantaranya adalah Panduan Kerja dan Modul Program Induksi Guru Pemula (PIGP) bagi Pengawas Sekolah/Madrasah, Kepala Sekolah/Madrasah, dan Pembimbing.

Modul PIGP sangat penting artinya bagi keberhasilan pelaksanaan PIGP di sekolah karena pada modul tersebut tercantum penjelasan yang rinci dan menyeluruh tentang konsep dan pelaksanaan program induksi di sekolah. Modul ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang utuh dan terperinci bagi para pengawas sekolah/madrasah dalam melaksanakan program induksi di  sekolah melalui pembimbingan yang intensif dan terarah. Pengembangan modul PIGP untuk pengawas sekolah/madrasah ini didasarkan pada Panduan Kerja.

Download Modul Program Induksi Guru Pemula bagi Kepala Sekolah/Madrasah selengkapnya, silahkan klik di sini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Download Modul Juknis Pedoman Program Induksi Guru Pemula / PIGP bagi Kepala Sekolah/Madrasah"

Poskan Komentar