Download Pedoman / Juknis Program Induksi Guru Pemula (PIGP)

Edukasippkn.com - Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah (UU No 14 tahun 2005 pasal 1 ayat 1).

Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. (UU no 14 tahun 2005 pasal 1 ayat 4). 

Kedudukan guru sebagai tenaga profesional berfungsi untuk:

(1)  meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran, dan
(2)  meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yakni berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab (UU No 20 tahun 2003  pasal 3).

Oleh karena itu, guru mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan nasional di bidang pendidikan.

Mengingat peran guru yang sangat strategis dalam pembangunan pendidikan, maka seorang guru harus dipersiapkan secara matang. Persiapan tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan mulai dari saat belajar di perguruan tinggi, pendidikan profesi guru,  di Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) sampai menjadi guru yang ditugaskan di satuan pendidikan.

Pada saat awal seorang guru pemula mulai mengajar dan mengenal lingkungan sekolah mereka menghadapi beberapa hambatan antara lain: pengenalan karakteristik peserta didik, budaya sekolah, beradaptasi dan berkomunikasi dengan warga sekolah. Padahal pengenalan guru pemula terhadap situasi sekolah akan menentukan karir dan profesionalitas seorang guru selanjutnya. Salah satu program yang dapat membekali guru pemula dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi guru pada awal mereka bertugas adalah program induksi.

Agar program induksi berjalan dengan baik maka disusun Petunjuk Teknis Program Induksi Guru Pemula (PIGP).

Tujuan penyusunan Pedoman Program Induksi :

1.   Menyamakan persepsi semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan Program Induksi bagi Guru Pemula.
2.   Memberikan acuan pelaksanaan Program Induksi bagi Guru Pemula.

Download selengkapnya Pedoman / Juknis Program Induksi Guru Pemula (PIGP) silahkan klik di sini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Download Pedoman / Juknis Program Induksi Guru Pemula (PIGP)"

Poskan Komentar