Hubungan antara Norma Agama dengan Norma Hukum

Edukasippkn.com - Jika manusia mematuhi norma agama, maka angka pelanggaran bisa dikurangi, jadi masyarakat akan tertib, tertib adalah tujuan norma hukum.

Dan sebaliknya, bila norma agama sudah dilanggar, maka kelak norma hukum sudah pasti akan dilanggar. Ketika norma hukum dilanggar, maka akan mendapat sanksi yang tegas, misalnya penjara.

Sehingga akan ada efek jera lalu bertaubat. Karena di LP diajarkan berbagai keterampilan, salah satunya agama. Jadi, norma hukum mendukung tujuan norma agama, yaitu membuat pribadi yg religius.

Dimana Hukum Ditemukan?

Ada 2 teori:

1.   Klasik yang dipelopori oleh Tumasep, Menurut teori ini hukum ditemukan dimasyarakat yag mempunyai peradaban yang tinggi.
2.   Modern dipelopori oleh Cecero, Menurut teori ini dimana ada masyarakat disana ada hukum.

Hukum terdapat dimana saja antara lain:

Hukum terdapat diseluruh dunia asal ada masyarakat. Hukum ada dimana saja pada setiap waktu dan setiap bangsa. Hukum terdapat diseluruh dunia asal ada kehidupan manusia.

Menurut ahli sosiologi dan antropologi budaya megahasilkan bukti-bukti bahwa hukum ada dimana saja, dimana ada masyarakat disana terdapat hukum, tidak terdapat batas modern atau batas primitif.

0 Response to "Hubungan antara Norma Agama dengan Norma Hukum"

Poskan Komentar