Mekanisme & Cara Pendaftaran Peserta Lomba / Kuis Kihajar Tahun 2016

Edukasippkn.com - Mekanisme Peserta Kuis Kihajar Tahun Pelajaran 2016-2017 - Syarat peserta yang dapat mengikuti Kuis Kihajar merupakan siswa aktif pada jenjang pendidikan SD, SMP, SMA  sederajat. 

Adapun, Mekanisme Pelaksanaan dari Kuis Kihajar di tahun 2016 ini yakni kuis dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu Kuis Harian, Kuis Provinsi, Kuis Nasional. Secara lebih rinci dapat digambarkan seperti dalam diagram di bawah ini:

Kuis Harian melalui TV Edukasi

Cara Daftar Kuis:

Melalui SMS 081310994477
Ketik: NAMA#JENJANG#SEKOLAH#ALAMAT SEKOLAH#PROVINSI
Keterangn jenjang: 1 (SD) 2 (SMP) 3 (SMA)
Contoh cara mendaftar: ANDIKA SETIAWAN#3#SMAN 1 SURABAYA#JALAN MERDEKA BARAT NO.45 SURABAYA#JAWA TIMUR

Cara menjawab: PIN (spasi) KODE SOAL (spasi) JAWABAN
Contoh cara menjawab: AB123   C1   B

Melalui WEB (kihajar.kemdikbud.go.id)

Isi formulir pendaftaran secara online untuk mendapatkan user id dan password.
Setelah memasukan user id dan password pada kolom tersedia, peserta dapat login dan mengisi kuis.
Peserta secara otomatis mengerjakan soal kuis sesuai dengan jenjangnya. Agar tak disalahgunakan oleh siswa lain, peserta diharapkan melakukan log out setelah mengerjakan soal.
Kuis Dapat diakses melalui:

 http://kihajar.kemdikbud.go.id
http://belajar.kemdikbud.go.id/kihajar
http://tve.kemdikbud.go.id
http://suaraedukasi.kemdikbud.go.id

Kuis Provinsi

Kuis Kihajar provinsi dilakukan serentak antara bulan Agustus – Oktober 2016. Petugas pusat dan juri tingkat nasional akan datang ke setiap provinsi. Kuis Kihajar di setiap provinsi meliputi 2 kegiatan, yaitu:

Hari Pertama:

Melaksanakan Kuis Kihajar Tingkat Provinsi (Lokal) untuk memilih 6 finalis yang masing-masing merupakan  2 peringkat teratas siswa:  SD/SMP/ SMA (sederajat). Peserta kuis di tingkat provinsi bukan merupakan finalis pada kuis Kihajar Harian.

Hari Kedua:

Finalis mengikuti tes terkait kompetensi yang diukur berupa keterampilan (skill) dalam pemanfaatan TIK; yaitu membuat proyek dalam bentuk digital, dengan ketentuan sbb.:

Peserta diminta membuat proyek mandiri dalam bentuk Digital Content.  Digital Content tersebut dapat berisi konten apa pun, yang tak bertentangan dengan unsur SARA dan etika; dapat berbentuk media presentasi; dapat diolah dari satu atau lebih media, seperti media: video, audio, multimedia, infografis, foto atau bentuk digital lainnya.

Juri tingkat provinsi dan juri pusat akan menguji dan meminta setiap peserta untuk mempresentasikan hasil digital content. Setiap digital content (video, audio, multimedia, infografis, foto, bahan presentasi lainnya) yang dipresentasikan siswa memiliki skala penilaian yang berbeda. Semakin kompleks digital content yang dihasilkan baik dari sisi materi, teknis dan format medianya maka nilainya akan semakin tinggi.

Tes membuat proyek digital merupakan tes akhir Juri akan menentukan 3 orang pemenang yang masing-masing merupakan 1 peringkat teratas siswa jenjang:  SD/SMP/ SMA (sederajat) dan merupakan perwakilan provinsi pada Kuis Kihajar tingkat Nasional.

Tema untuk Tes Seleksi Tahap II Kuis Kihajar Propinsi Tahun 2016

Tema bisa berkaitan dengan masalah sosial, ekonomi, politik, seni dan budaya, lingkungan, serta teknologi. Format sajian presentasi bisa berupa file pengolah kata (word), file presentasi (power point), file video, maupun file multimedia.

Bobot penilaian adalah sebagai berikut: Konten (50), Performan penyajian (30), dan untuk Kompleksitas materi sajian dari aspek TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) (20).

Peserta kuis yang lolos pada hari pertama akan diuji keterampilan TIK dengan memilih salah satu tema berikut:

·       Jenjang SD : Permainan Tradisional, Dongeng/Cerita Rakyat di Daerah, Nilai/Pesan Lagu Daerah, dan Jajanan/Makanan Sehat.
·       Jenjang SMP : Pengelolaan Sampah, Makna/Pesan Filosofis Tarian Tradisional, Kesadaran Berlalu Lintas, dan Cinta Produk Sendiri.
·       Jenjang SMA : Bahaya Narkoba, Memahami Potensi Diri, Bijaksana dalam Memanfaatkan Produk Teknologi (Hardware dan Software), dan Bijaksana dalam Memanfaatkan Layanan Media Sosial

Demikian share infomasi mengenai syarat dan mekanisme peserta Kuis Kihajar di tahun pelajaran 2016/2017 ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Mekanisme & Cara Pendaftaran Peserta Lomba / Kuis Kihajar Tahun 2016"

Poskan Komentar