Macam-macam / Jenis-Jenis Proses Sosial Interaksi Sosial

Pemerintah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) tidak membiarkan GAM, RMS/PKI dapat mewujudkan keinginannya, maka ABRI turun tangan dalam mengatasi masalah itu.

Jenis-jenis proses sosial Interaksi sosial dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu:
a. Interaksi antara individu dengan individu

Interaksi ini bisa sangat jelas atau konkrit, tapi bisa pula tidak. Pada saat dua individu bertemu, interaksi sosial pun sudah mulai, sebab adanya pihak lain dapat mengakibatkan perubahan dalam diri masing-masing. Dengan kata lain terjadi aksi dan reaksi. Contoh penyebabnya antara lain bau minyak wangi, bau keringat yang menyengat, suara sepatu yang keras waktu berjalan.

b. Interaksi antara kelompok dan kelompok

Interaksi di sini orang-orang berbicara atas nama kelompok sebagai satu kesatuan, bukan sebagai pribadi. Contoh: pada zaman perang fisik permusuhan Indonesia dengan Belanda, Bung Hatta atau Bung Karno dan bangsa Belanda secara pribadi tidak bermusuhan karena beliau pernah sekolah di Belanda. Tetapi sebagai kelompok Bung Karno/Bung Hatta bermusuhan dengan Belanda, sebab Belanda menjajah keduanya (Bangsa Indonesia).

c. Interaksi antara individu dan kelompok

Bentuk interaksi di sini berbeda-beda sesuai dengan keadaan. Interaksi tersebut lebih menyolok, apabila terjadi benturan antara kepentingan perseorangan dengan kepentingan kelompok. Contoh : Penyelenggaraan rapat umum (akbar) dengan seorang pembicara di podium, seperti pengajian atau kampanye yang sering kita lihat di TV atau secara nyata di sekitar kita. 

0 Response to "Macam-macam / Jenis-Jenis Proses Sosial Interaksi Sosial"

Poskan Komentar