Cara Mengatasi Gagal Install Aplikasi Dapodik Versi 2017

Edukasippkn.com - Setelah dirilis resminya aplikasi Dapodik versi 2017 untuk entry data Dapodik SD, SMP, SLB, SMA, dan SMK pada semester 2 (genap) tahun pelajaran 2016/2017 tentu kita selaku Operator Sekolah harus segera memulai dalam pekerjaan entry data sekaligus mengirimkan data pendidikan dari sekolah kita masing-masing.

Dan langkah awal kita adalah menginstal aplikasi Dapodik 2017 ke komputer/laptop kita, selanjutnya kita melakukan registrasi kembali baik secara offline dengan menggunakan prefill maupun dengan cara registrasi online (tanpa unduh prefill Dapodik). Untuk mengetahui bagaimana cara instalasi aplikasi Dapodik sekaligus registrasi online aplikasi Dapodik versi 2017, silahkan baca selengkapnya pada tautan berikut.

Adapun, bagi Rekan yang gagal dalam menginstal aplikasi Dapodik yang disebabkan karena adanya kesalahan kecil dalam penempatan folder instalasi maka dapat menggunakan solusi sebagai berikut:

1.   Setelah file installer berhasil kita download dari laman, silahkan klik kanan pada file installer aplikasi Dapodik versi 2017, pilih Run Administrator.

2.   Kemudian klik  “Lanjut”, centang “Saya Setuju” pada licensi, lalu klik lagi tombol “Lanjut”.

3.   Nah di poin inilah, Rekan harus jeli, jika pada OS Komputer Rekan terdapat di Drive C dengan nama folder “Program Files (x86)” di sana, maka sebelum proses instalasi berjalan, jelajah / browser di folder "Program Files".

4.   Klik pada folder “Program Files”, lalu klik "OK" ini untuk memastikan Dapodik terinstal di folder "Program Files", bukan di folder "Program File (x87)" tersebut.

5.   Selanjutnya silahkan klik “Lanjut”, kemudian “Ok”. Dan jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, silahkan pilih “Allow Access”.

6.   Selesai.

Silahkan kembali buka aplikasi Dapodik Versi 2017 sudah sudah Anda install dengan cara di atas dengan mengetikkan “localhost:5774” di sitebar web browser Anda, lalu klik “Enter”. Semoga bermanfaat bagi kita semua. 

Sumber : www.dadangjsn.com

0 Response to "Cara Mengatasi Gagal Install Aplikasi Dapodik Versi 2017"

Poskan Komentar