Perbedaan PTN dan PTS serta Pengertian SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri

Edukasippkn.com - Persaingan dunia kerja jaman sekarang sudah benar-benar ketat. banyak lulusan sarjana saja kesusahan mencari kerja, apalagi yang ulusan SMA? apalagi tahun 2016 ini kita sudah masuk ke era pasar bebas terbuka. Dimana yang ilmunya dikit cuma bisa jadi bawahan, dimana yang pinter akan dibutuhkan dan yang ilmunya tidak banyak mungkin cuma jadi butiran debu. ngeri kan? ayo perbanyak ilmu kita, asah kemampuan kita di bangku perkuliahan. Jangan bosen belajar selagi masih muda. Perbanyaklah ilmu kalian, ada pepatah mengatakan tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri China.

Perguruan tinggi terbagi jadi 2 macam yaitu PTS (Perguruan Tinggi Swasta) dan PTN (Perguruan Tinggi Negeri), Lalu apa perbedaanya?

PTS adalah milik suatu badan swasta kalau PTN milik negara. Perbedaan yang lain Kuliah di  PTS biayanya lebih besar dari pada kuliah di PTN, karena tidak dapet subsidi dari pemerintah. Dalam segi kualitas, kami kira itu kembali ke masing - masing. Kalo di PTN tidak harus lebih pinter dari pada yang di swasta.

Ada banyak jalur buat masuk ke PTN. 2 yang diselenggarakan pemerintah, dan yang lainnya itu dari universitas sendiri yang mengadakan. Dan ini hanya untuk yang mengambil jenjang S1.

Pengertian SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.
SNMPTN diselenggarakan pertama kali oleh Ditjen Dikti tahun 2008 atas jawaban terhadap kisruh yang terjadi di forum rektor PTN se-Indonesia terkait penyelenggaraan SPMB oleh Perhimpunan SPMB Nusantara, yang dianggap tidak sesuai dengan pola keuangan PTN non-BHMN
Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis.
Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). dan SNMPTN Undangan kemudian berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan berdasarkan nilai rapot, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya.

Pengertian SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, PTN, maupun bagi kepentingan nasional.

Bagi calon mahasiswa, Ujian Tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.

Pengertian Jalur Mandiri

Test Jalur Mandiri adalah sebuah sistem penyaringan dengan ujian yang di lakukan oleh calon mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh pihak PTN terkait.

Ujian ini diselenggarakan oleh pihak institusi dalam rangka memberikan alternatif pilihan bagi mereka yang tidak lolos tes SNMPTN maupun SBMPTN untuk tetap dapat melanjutkan studi ke PTN.

Adapun mekanisme tes Jalur Mandiri ini hampir sama dengan tes SNMPTN/SBMPTN meliputi Tes Kemampuan Dasar, Tes Potensi Akademik, dan Tes Kelompok SAINTEK/SOSHUM, hanya saja materi ujian yang disajikan beragam karena soal-soal ujian murni dikembangkan oleh pihak PTN masing-masing.

Semoga dengan ilustrasi gambar dibawah ini adik-adik mempunyai gambaran Apa itu SBMPTN, SNMPTN dan Jalur Mandiri:


Sumber : http://www.sman1bangkunatbelimbing.sch.id/2016/01/pengertian-snmptn-sbmptn-dan-mandiri.html

0 Response to "Perbedaan PTN dan PTS serta Pengertian SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri"

Poskan Komentar